tolong klik LIKE ya jika anda suka dengan postingan saya...terima kasih ^ ^...

Minggu, 11 Maret 2012

Sistem Sosial Budaya Indonesia

Upacara Sebar Apem Yaaqowiyuu


Upacara tersebut terdapat di daerah Jatinom Klaten Jawa Tengah. Adapun unsur-unsur sistem sosial budaya Indonesia:

 1. Keyakinan

Menurut kepercayaan orang banyak, apem yaaqowiyuu yang artinya Tuhan mohon kekuatan itu bisa untuk tumbal, tolak bala, atau syarat untuk berbagai tujuan. Bagi petani, bisa untuk tumbal sawah agar tanaman selamat dari segala bencana dan hama penyakit. Bahkan, ada yang percaya siapa yang mendapat banyak apem pada perebutan itu sebagai tanda akan memperoleh rezeki melimpah. Saking percaya hal itu ada yang kaul (nadar) menggelar wayang kulit, atau pertunjukan tradisional yang lain.

2. Perasaan
Perasaan yang dialami oleh masyarakat sekitar ataupun pengunjung dari luar Klaten. Dengan adanya upacara sebar apem, mereka amat sangat antusias dan berebut apem karena diyakini membawa keberuntungan dll.     

3. Tujuan atau sasaran

Asal muasal kue apem itu dari Mekah yang dibawa Ki Ageng Gribig untuk oleh-oleh anak cucunya. Karena tidak cukup, maka Nyi Ageng Gribig membuat apem lagi sekaligus untuk dibagikan kepada penduduk Jatinom. Sejak itu orang daerah ini ikutan membuat apem untuk selamatan. Perayaan yaqowiyu di Jatinom, diharapkan menjadi salah satu objek wisata menarik di Klaten.

4. Norma

Dalam upacara sebar apem yaaqowiyuu ini, mereka mempunyai norma untuk mengadakan upacara sebar apem yaaqowiyuu. Dan norma tersebut adalah pada Kamis siang sebelum apem disebar pada hari jumat, apem disusun dalam dua gunungan yaitu gunungan lanang dan gunungan wadon. Gunungan apem ini lalu akan diarak dari Kantor Kecamatan Jatinom menuju Masjid Ageng Jatinom yang sebelumnya telah mampir terlebih dahulu ke Masjid Alit Jatinom. Arak-arakan ini diikuti oleh pejabat-pejabat kecamatan, kabupaten, Pemerintah Daerah Kabupaten, Bupati (atau yang mewakili), Disbudparpora (Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) dari Klaten. Arak-arakan jalan kaki ini juga dimeriahkan oleh marching band, reog, seni bela diri dan Mas Mbak Klaten yang terpilih. Setelah kedua gunungan apem sampai di Masjid Ageng Jatinom maka gunungan apem tersebut dimalamkan di dalam Masjid untuk diberi doa-doa. Pada hari Jumat setelah sholat Jumat, apem tersebut disebar oleh panitia bersama dengan ribuan apem sumbangan dari warga setempat.

5. Status dan peranan

Dengan adanya upacara sebar apem yaaqowiyuu, status dan peranan pemerintah daerah klaten beserta jajarannya dan masyarakat sekitar sangat penting, karena dengan keikutsertaan pemerintah daerah maka upacara sebar apem ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi cirikhas terutama di daerah jatinom

6. Tingkatan atau pangkat
 Pelaksanaan upacara sebar apem yaaqowiyuu, unsur tingkatan atau pangkat tidak terlalu mempengaruhi jalannya upacara sebar apem yaaqowiyuu karena semua dilaksanakan atas dasar berserah diri kepada Tuhan YME memohon kekuatan dan keberkahan dalam hidup manusia. Sehingga walaupun pejabat dari pemerintah daerah Klaten beserta jajarnnya datang dalam pelaksanaan upacara sebar apem yaaqowiyuu, tetap saja mereka tidak mendapatkan perlakuan khusus yang sangat istimewa.

7. Kekuasaan dan wewenang

Dalam upacara sebar apem yaaqowiyuu, kekuasaan dan wewenang dipegang oleh masyarakat setempat seperti Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Dukuh yang dibantu dengan memperoleh ijin dari pemerintah daerah Klaten.

8. Sanksi

Sanksi yang diperoleh apabila tidak mengikuti tradisi upacara sebar apem yaaqowiyuu, ini sebenarnya tidak ada, karena biasanya justru masyarakat setempat Jatinom amat sangat antusias melaksanakannya dan semakin banyak masyarakat di luar Jatinom ikut serta merayakan upacara sebar apem yaaqowiyuu, ini.

9. Sarana

Sarana yang tersedia pada saat upacara sebar apem yaaqowiyuu adalah tempat parkir yang luas dan petugas keamanan, untuk berjaga-jaga agar tempat pelaksanaan upacara sebar apem yaaqowiyuu terlaksana dengan khidmat, lancar dan aman.

10. Tekanan atau ketegangan

Upacara sebar apem yaaqowiyuu ini umumnya tidak diwarnai dengan tingkat ketegangan yang tinggi, karena dalam upacara sebar apem yaaqowiyuu kebanyakan masyarakat yang datang untuk mengikutinya ini berserah diri kepada Tuhan YME dan memohon keberkahan selalu datang dengan doa-doa yang diucapkan, walaupun mereka tidak mendapatkan kue apem yang telah disebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar